Tips Atasi Tekanan Darah Tinggi

VIVAnews – Penderita gangguan hipertensi sering kali perlu  mengasup obat secara teratur untuk mengontrol tekanan darah. Tapi,  beberapa perubahan dalam gaya hidup juga terbukti mampu menurunkan  tekanan darah. Bahkan, pada sebagian orang dapat menghilangkan  ketergantungan obat.

“Siapapun dengan hipertensi harus didorong melakukan beberapa hal untuk  menurunkan tekanan darah tanpa bantuan agen farmakologis,” ujar Matthew  Burg, PhD, profesor kedokteran di Columbia University Medical Center di  New York.

Berikut adalah 10 langkah alami menurunkan tekanan darah, seperti dikutip dari Health.

Olahraga Teratur
Berolahraga atau aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari selama seminggu, telah cukup menurunkan tekanan darah.

Gerald Fletcher, MD, seorang ahli jantung di Mayo Clinic mengatakan,  bergerak aktif mengurangi tekanan darah 3-5 poin, dan perlahan dapat  mengurangi penggunaan obat hipertensi mereka. Pilih sesuatu yang Anda  sukai: berjalan, jogging, berenang hingga bersepeda.

Makan Pisang
Kebanyakan garam dapat meningkatkan tekanan darah, namun kalium  mampu mengurangi efek buruk natrium. Sebagian besar penderita hipertensi  kekurangan mineral ini.

Meningkatkan asupan kalium hingga 4.700 mg per hari bermanfaat bagi para  penderita hipertensi. Pisang, kentang panggang dengan kulit, jus jeruk,  yogurt tanpa lemak adalah sumber utama kalium.

Kurangi Garam
Mereka dengan tekanan darah normal, cukup tinggi maupun hipertensi  dapat mengurangi tekanan darah dengan memotong asupan garam. Batasi  asupan garam 1.500 mg sehari. Cara yang mudah adalah menghindari makanan  olahan karena banyak mengandung natrium. Pastikan juga memeriksa kadar  sodium dalam label makanan.

Berhenti Merokok
Perokok berisiko tinggi hipertensi. Nikotin membuat tekanan darah  melonjak penyebab hipertensi kronis. Berhenti merokok membantu  menurunkan tekanan darah, plus ada manfaat kesehatan lain.

Menurunkan Berat Badan

Mengikis berat badan beberapa kilogram berdampak besar pada tekanan  darah. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras, yang  menyebabkan hipertensi. Sementara kehilangan berat badan mengurangi  beban kerja jantung.

Kurangi Alkohol
Alkohol tidak lebih dari segelas bagi wanita dan dua gelas bagi pria  memang memiliki manfaat kesehatan. Namun, terlalu banyak minum juga  akan meningkatkan tekanan darah.

Berbagai studi menyebut, konsumsi lebih dari dua gelas alkohol meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.

Atasi stres
Mengelola stres membantu mengurangi tekanan darah. Namun, langkah  menangani stres bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Relaksasi dan  manajemen stres diperlukan bagi penderita hipertensi untuk mengendalikan  tekanan darah.

Yoga dan Meditasi
Yoga adalah metode pelepas stres, yang efektif mengurangi tekanan darah  pada penderita hipertensi, dan berkaitan dengan sistem saraf otonom,  denyut jantung, pencernaan, dan fungsi sebagian besar organ lainnya.

Meditasi antara lain pengaturan pernapasan, visualisasi, kombinasinya  menjadi alat manajemen efektif mengatasi stres, ujar Burg.

Kurangi Kafein
Kopi mempunyai  beberapa manfaat kesehatan, tetapi  menurunkan  tekanan darah bukan salah satunya. Kafein dapat menyebabkan lonjakan  tekanan darah dalam jangka pendek, bahkan pada mereka yang tak memiliki  hipertensi.

Bila Anda penderita hipertensi, kurangi asupan kafein hanya dua cangkir  kopi per hari. Untuk memeriksa efek kafein, cek tekanan darah setengah  setelah konsumsi kafein. Bila tekanan darah naik 5-10 poin, Anda  termasuk sensitif kafein. (umi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s